Subscribe Us

Header Ads

Bendungan di Lampung, Pasar Rakyat di Sumbar


BENDUNGAN WAY SEKAMPUNG: Saya (kiri) dan rekan kerja di proyek pembangunan Bendungan Way Sekampung, Provinsi Lampung, Senin (22/03/2021).

DUA kali ini saya menjadi bagian dari kunjungan kerja Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin. Maret lalu, tepatnya Senin (22/03), Wapres Ma’ruf Amin berkunjung ke Provinsi Lampung.

Pada Selasa (06/04), kunjungan kerja Wapres Ma’ruf Amin bergeser ke Provinsi Sumatra Barat. Satu agenda yang sama dari kunjungan di Lampung dan Sumatra Barat adalah meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Kita telah mengetahui bahwa pemerintah terus mengupayakan percepatan cakupan vaksinasi. Model baru pelaksanaan vaksinasi juga sudah dilakukan untuk mempercepat capaian vaksinasi.

Pesan Wapres Ma’ruf Amin sangat jelas. Target vaksinasi harian harus ditingkatkan dari saat ini yang mencapai 8.000 vaksinasi per hari. Oleh karena itu, daerah perlu melakukan percepatan vaksinasi.

MULTIFUNGSI: Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin saat meninjau Bendungan Way Sekampung.

Takjub. Itulah ungkapan pandangan mata setelah melihat proyek pembangunan Bendungan Way Sekampung. Proyek bendungan yang terletak di Kabupaten Pringsewu itu sudah hampir rampung.

Bendungan Way Sekampung bukan semata bendungan. Inilah bendungan multifungsi yang dimiliki Provinsi Lampung. Selain berfungsi sebagai pemasok air untuk irigasi, bendungan ini juga sebagai sumber air baku PDAM hingga fungsi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohida (PLTM) berdaya 5,4 MW (2 x 2,7 MW).

Penjelasan PT. PP kepada Wapres Ma’ruf Amin, Bendungan Way Sekampung ditargetkan selesai pada Triwulan III tahun ini. Dengan kapasitas efektif sebesar 68 juta meter per kubik, bendungan ini dibangun sejak tahun 2016.

***

Di Sumatra Barat, Wapres Ma’ruf Amin meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Selanjutnya, kami dan rombongan menuju Pasar Pariaman, Kelurahan Kampung Perak Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Di sini, Wapres Ma’ruf Amin meresmikan Pasar Rakyat Pariaman sekaligus Peresmian Gedung Olahraga Universitas Negeri Padang. Rangkaian kegiatan Wapres ditutup dengan penanaman pohon ketapang laut di Pantai Kata Pariaman, Kota Pariaman.

TANAH MINANG: Saya dan rombongan setibanya di Sumatra Barat.

Hadir mendampingi Wapres Ma’ruf pada kunjungan kerja di Sumatra Barat Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana Harmensyah, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Daya Saing Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Bambang Widianto. Dari Tim Ahli Wapres, diwakili oleh saya dan Johan Tedja.

PASAR RAKYAT: Wapres Ma'ruf Amin meresmikan Pasar Rakyat Kota Pariaman, Sumatera Barat Selasa (6/4/2021). 


Pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat merupakan program Kementerian Perdagangan. Melalui revitalisasi, pasar rakyat akan memiliki fasilitas penunjang yang lebih baik untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. (*)

Post a Comment

0 Comments