Subscribe Us

Header Ads

Haornas dan Stadion Imdaad Hamid

HAORNAS 2022: Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin membuka Peringatan Haornas 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan, Jumat (09/09/2022) malam.


DUA bulan ini saya sudah dua kali ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Yang pertama pada Rabu, 3 Agustus 2022 lalu. Hari itu saya datang saat Kota Balikpapan berkalang duka. Hari kehilangan dan pelepasan. Melepas ayahanda Imdaad Hamid, Wali Kota Balikpapan periode 2001-2006 dan 2006-2011 ke tempat peristirahatan terakhir.

Saya bersaksi bahwa ayahanda Imdaad Hamid adalah orang baik. Kebaikan-kebaikan yang kami rasakan dari beliau sebagai seorang bapak dalam keluarga, dan kebaikan sebagai bapak dalam rumah besar kota Balikpapan. Insyaallah perbuatan-perbuatan baik beliau mendapat ganjaran tempat terbaik di sisi Allah. Aamiin.

Kedatangan kali kedua bertepatan saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), 9 September 2022. Kota bermoto “Beriman” ini menjadi tuan rumah pada puncak peringatan Haornas 2022. Kemenpora tentu memiliki pertimbangan untuk memilih kota Balikpapan.

“Indonesia kecil” di wilayah Kalimantan Timur ini memang memiliki sarana prasarana olahraga yang cukup lengkap. Stadion olahraganya representatif. Namanya Stadion Batakan. Berada di bagian timur kota Balikpapan. Di sinilah seremonial peringatan Haornas 2022 berlangsung.

Saya mendengar mantan Wali Kota Balikpapan Pak Rizal Effendi mengusulkan nama pengganti untuk stadion ini. Dari Stadion Batakan menjadi Stadion Imdaad Hamid. Pak Rizal menilai ada kontribusi besar berupa legasi yang diberikan Pak Imdaad hingga Balikpapan memiliki stadion berstandar internasional.

USUL NAMA IMDAAD HAMID: Stadion Batakan di Jalan Mulawarman, Balikpapan, Kaltim.


“Ada jejak jelas yang ditinggalkan Pak Imdaad hingga Stadion Batakan bisa dibangun. Saya mengusulkan nama beliau dijadikan nama stadion sebagai bentuk penghargaan,” kata Pak Rizal.

Dari lapangan tempat merumput klub sepakbola Persiba Balikpapan ini, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin membuka peringatan Haornas ke-39.

Suguhan penampilan tarian kolosal dan atraksi hiburan memeriahkan peringatan Haornas. Juga diberikan penghargaan kepada insan olahraga yang telah banyak mendukung dunia olahraga Indonesia. Terbagi ke dalam beberapa kategori, yaitu Pembina Olahraga Prestasi diberikan kepada Muhadjir Effendy (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Yasonna Laoly (Menteri Hukum dan HAM), Budi Gunawan (Ketua PB ESI/e-Sport), Isran Noor (Gubernur Kalimantan Timur), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Rahmad Masud (Wali Kota Balikpapan).

MENYAKSIKAN HAORNAS: Saya bersama rombongan yang mendampi Wapres RI.


Sementara itu, untuk kategori olahragawan berprestasi diberikan kepada Sri Hartati (angkat berat), Syamsul Anwar Harahap (purna olahragawan tinju), Risdianto (purna olahragawan sepakbola), Rumi Iqbal Doewes (pelatih olahraga boccia), Qomarul Lailiah (wasit bulu tangkis).

Pada kategori penggerak olahraga masyarakat diberikan kepada Abdul Gani, Adolfina Grace Tangkudung, dan Sami Leo Lantang.

Memberikan sambutan pada peringatan Haornas ke-39, KH Ma’ruf Amin tidak memungkiri bahwa pandemi Covid-19 memberikan pengaruh pada aktivitas dan produktivitas masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari, tidak terkecuali dalam berolahraga. Karenanya, momentum peringatan Haornas 2022 diharapkan dapat memantik kembali semangat seluruh elemen bangsa untuk terus menggelorakan pembangunan olahraga.

YANG SELALU RUTIN: Jalan Sehat Wapres KH Ma'ruf Amin di Kompleks Makodam VI/Mulawarman.

Acara dengan tema “Bersama Cetak Juara” ini juga menjadi ajang bagi masyarakat untuk meningkatkan kontribusi serta prestasi di bidang olahraga. Selain itu, Wapres juga berharap agar aktivitas olahraga dapat terbangun secara permanen di masyarakat.

Mendengar nama Syamsul Anwar Harahap disebut sebagai penerima penghargaan, generasi seumuran saya ini langsung memutar memori ke layar kaca TVRI. Ketika Bung Syamsul acap menjadi komentator pertarungan tinju setelah ia pensiun sebagai petinju.

Syamsul adalah legendaris tinju Indonesia. Ia pernah dinobatkan sebagai best boxer pada President`s Cup I 1976 di Jakarta. Ia mewakili Indonesia Kuning dan mengalahkan si jangkung Thomas Hearns (Amerika Serikat) untuk menjadi petinju terbaik.

GARIS AKHIR: Pantai Monpera yang berada di seberang Makodam VI/Mulawarman menjadi garis akhir.

Terima kasih kota Balikpapan. Sebagai tuan rumah Haornas 2022, serangkaian acara berlangsung dengan sukses. Dan seperti biasa, selalu ada agenda rutin yang dilakukan Wapres KH Ma’ruf Amin saat berkunjung ke suatu daerah: jalan sehat. Menyusuri jalan di kompleks Markas Kodam VI/Mulawarman. Pangdam VI/Mulawarman Mayjen Tri Budi Utomo ikut mendampingi. Menempuh jarak 2,1 kilometer, jalan sehat berakhir di Pantai Monpera. (*)

Post a Comment

0 Comments