Subscribe Us

Header Ads

Wisata Muslim ala Singapura

SHOPING IDE: Mendampingi Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada lawatan ke Singapura (17-19 Oktober 2022).


DARI Singapura kita bisa belajar tentang kemajuan. Tetapi, tahukah jika capaian kemajuan Singapura ditopang oleh nilai-nilai. Rakyat Singapura menatap masa lalu sebagai cermin nilai-nilai yang turut membentuk negaranya.

Nilai-nilai itu adalah keterbukaan, multikulturalisme, dan menentukan nasib sendiri. Singapura adalah negara dengan identitasnya sendiri. Keberagaman etnis dan agama melebur tanpa celah dalam interaksi sosial.

Dari makanan dan penanda kawasan, misalnya, keberagaman yang melebur itu diperlihatkan oleh warganya. Dalam perbedaan, warga Singapura berbagi kesamaan. Ada ciri khas dari cara mereka berbicara. Nilai-nilai itu mereka bagikan, dan menerima orang-orang dari berbagai latar belakang.

Multi budaya tak hanya berada pada ranah kuliner. Warga lokal berbicara bahasa yang mencerminkan perpaduan budaya. Meski tidak diakui secara resmi oleh pemerintah, Singlish—bahasa campuran Inggris, Mandarin, Hokkian, Kanton, Melayu, dan Tamil, umum dipakai dalam situasi santai.

Pencampuran budaya di Singapura itulah yang membuat pendatang baru dapat beradaptasi dengan mudah. Singapura adalah gerbang Asia. Kekuatan besar pada segala sektor yang dimiliki Singapura menjadi catatan tersendiri bagi Indonesia.

Data berbicara bahwa Singapura merupakan investor asing terbesar di Indonesia. Hingga Juni 2022 tercatat realisasi investasi Singapura mencapai USD 6,7 miliar.

Kekuatan dan potensi besar yang ada pada Singapura dijajaki oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin untuk memperkuat jalinan kerja sama bilateral RI-Singapura.

KOLABORASI: Pertemuan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin dengan Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Parliement of Singapore, Selasa (18/10/2022).


Senin (17/10/2022), saya bertolak ke Singapura mendampingi kunjungan kerja Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Agenda utama Wapres di Singapura yakni melakukan pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong. Pertemuan telah dilakukan pada Selasa sore (18/10/2022) di Parliement of Singapore.

Agenda lainnya berdialog dengan diaspora Indonesia di Kedutaan Besar RI Singapura. Diaspora Indonesia di negara mana pun telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi negara. Di hadapan diaspora Indonesia di Singapura yang berlangsung di ruang Nusantara Kedubes RI di Singapura, Wapres mendorong agar para diaspora terus memberikan dukungan membangun negeri melalui karya-karya yang dihasilkan.

TEMU DIASPORA: Dialog antara Wapres RI KH Ma'ruf Amin dengan diaspora Singapura di KBRI Singapura.


Dari pertemuan dengan Lawrence Wong yang juga menjabat sebagai Menteri Keuangan Singapura, mengemuka pembahasan mengenai kerja sama ekonomi, termasuk pentingnya ekonomi syariah, produk halal, hingga pariwisata.

"Tentunya, kemitraan ekonomi ini harus terus ditingkatkan," ungkap Wapres pada laman wapresri.go.id.

Berbicara mengenai ekonomi syariah, Wapres menilai bahwa sektor ini punya potensi besar untuk memperkuat ekonomi kedua negara. Ekonomi syariah diyakini mampu membantu memulihkan ekonomi di tengah ancaman resesi.


Yang menarik, tren wisata muslim mulai meningkat di berbagai negara. Singapura sebagai negara tetangga dan hub bagi para wisatawan menuju ke Indonesia memiliki peran yang sangat besar. Karena itu, penguatan kerja sama antara Indonesia-Singapura perlu dilakukan.

Kabar baiknya, pada tahun ini Indonesia berhasil naik peringkat 2 dalam Global Muslim Travel Index. Peran Singapura sebagai hub bagi para wisatawan muslim ke Indonesia menjadi sangat penting.

Sejalan dengan Wapres, Wakil Perdana Menteri Singapura menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan baik dan menyambut baik rencana-rencana kerja sama ke depannya.

SATU JALAN: Bersama tim pendamping Wapres RI saat kunjungan kerja ke Singapura.


Saya mencatat Singapura sangat serius menggarap wisata muslim. Dilakukan dengan menawarkan berbagai program dan telah berlangsung sejak lama. Singapore Tourism Board (STB) menjadi motor penggeraknya.

Halal tourism merupakan salah satu program yang ditawarkan Singapura. Lewat program tersebut, STB ingin mengenalkan bahwa Singapura sebagai destinasi wisata yang ramah terhadap wisatawan muslim. Pemerintah setempat telah menunjukkan minat serius untuk mengembangkan segmen ini. Contohnya dengan menyediakan banyak food court halal dan tempat ibadah umat Islam di beberapa destinasi wisata.

Di Singapura saat ini, sudah banyak gerai-gerai makanan bersertifikat halal serta tempat-tempat ibadah yang dapat diakses dengan mudah.

Kemajuan industri pariwisata Singapura memang sangat progesif. Passion made possible merupakan tagline baru STB untuk Singapura. Ini merupakan cara STB merayakan kisah gemilang negara pulau ini. STB juga berkomitmen membingkai semangat Singapura sebagai tempat di mana orang-orang mempunyai visi mencetak berbagai kemungkinan baru dan membawa perubahan yang bermakna bagi yang lain.

Perlu diketahui, Singapura adalah salah satu negara yang menjadi tujuan wisata favorit penduduk Indonesia ke luar negeri. Data terkini STB mencatat, wisatawan Indonesia menduduki peringkat kedua setelah Tiongkok dalam kunjungan ke Singapura.

Persahabatan dan penguatan kerja sama Indonesia dan Singapura memang harus dijaga. Namun, kita tidak boleh memaklumi apabila relasi Indonesia-Singapura hanya menjadikan posisi negara kita sebagai pecundang. Indonesia harus banyak belajar dari Singapura yang bermain dengan kecerdikannya. (*)

Post a Comment

0 Comments