Subscribe Us

Header Ads

Arigatou Samurai Biru


ARIGATOU: Saya dengan latar belakang poster timnas Jepang di Tokyo, Jepang.


SEPEKAN sebelum pesta sepak bola terbesar di jagat raya dibuka di Qatar, saya sudah meniatkan yang satu ini setibanya di Tokyo, Jepang. Mencari spot foto berlatar belakang timnas Jepang.

Yang diniatkan akhirnya ketemu juga. Di sudut jalan Kota Tokyo, poster Adidas sebagai pemasok perlengkapan timnas Jepang terpajang. Berfoto lah saya di sini. Lihatlah gambar di naskah ini. Keren, bukan! Ha..ha..ha.

Di Piala Dunia 2022, saya memang menfavoritkan Prancis sebagai juara. Tetapi sebagai orang Asia, solidaritas dan dukungan harus kita berikan kepada tim perwakilan Asia di Piala Dunia.

Dari dulu saya mengagumi timnas Jepang. Jepang selalu konsisten menjadi langganan di Piala Dunia. Timnas dengan julukan Samurai Biru ini telah mengikuti turnamen sepak bola empat tahunan tersebut di enam edisi berbeda.

Pertama kali Jepang tampil di Piala Dunia pada edisi 1998 di Prancis dan tak pernah absen hingga saat ini di edisi Piala Dunia 2022 Qatar.

Hebatnya lagi, pada setiap edisi Piala Dunia, Samurai Biru kerap disebut sebagai tim kuda hitam yang siap menerkam tim-tim kuat kandidat juara. Meskipun prestasi terbaiknya hanya mencapai babak 16 besar, yakni saat menjadi tuan rumah edisi 2002, lalu Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, dan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pada Piala Dunia 2022, Jepang kembali menapak ke babak 16 besar. Sayang, langkah Jepang dihentikan tim Kroasia. Tetapi, Jepang memberikan kejutan besar di Qatar. Jepang lolos ke babak 16 besar menjuarai puncak klasemen di grup E. Dua tim yang difavoritkan yakni Jerman dan Spanyol berhasil dilibas dengan skor yang sama 2-1.

Jepang sejatinya sudah main bagus melawan Kroasia di babak 16 besar. Sayang, babak tos-tosan tidak berpihak kepada Samurai Biru. Selain Jepang, wakil Asia yang berhasil menembus 16 besar adalah Korea Selatan. Senasib dengan Jepang, langkah Kesatria Taegeuk juga terhenti di babak 16 besar. Tim asuhan pelatih Paulo Bento itu tak mampu melewati adangan Brasil.

Seiring gugurnya Samurai Biru dan Kesatria Taegeuk di 16 besar, tak ada lagi wakil Asia dalam Piala Dunia 2022 yang notabene dimainkan di tanah Asia. Meski begitu, penampilan wakil Asia tidak bisa dibilang mengecewakan, malah membanggakan. Contohnya kemenangan heorik Arab Saudi atas Argentina.

Tidak hanya mencuri perhatian di lapangan hijau, fans Jepang juga mencuri perhatian di Piala Dunia 2022. Aksi membersihkan stadion yang dilakukan fans Jepang usai laga menjadi sorotan dan viral.

Adapula cerita menarik yang datang dari salah satu suporter asal Negeri Matahari Terbit itu. Pesan yang disampaikan melalui tulisan dalam kertas mendapat banyak perhatian. Suporter Jepang ini menarik perhatian dunia saat foto dirinya yang sedang berterima kasih kepada bosnya. Bukan tanpa alasan, pria itu berterima kasih kepada bosnya karena memberinya waktu cuti selama 2 minggu untuk menonton langsung Piala Dunia 2022. 

"Dear my boss, thank you for my 2 week off! (Kepada bos saya, terima kasih untuk liburan dua minggu ini)," tulis suporter tersebut pada sebuah kertas, dari laman Twitter @FIFAWorldCup. Saat foto diambil, pria tersebut sedang menonton pertandingan antara Jepang dan Jerman yang dimainkan di Khalifa International Stadium.

Sementara itu, NTT East, penyedia layanan internet fiber optic di Jepang, yang diyakini sebagai bos dari pria tersebut, juga mengulang tweet tersebut dengan caption: "Selamat menikmati liburan Anda bersama Piala Dunia! Dari bosmu.”

Bukan hanya suporter saja yang melakukannya, tapi juga para pemain Jepang. Perbedaannya adalah mereka melakukannya di ruang ganti. Para pemain Timnas Jepang pun meninggalkan ruang ganti dalam keadaan bersih dan rapi tak tercela.

Bahkan, mereka sempat meninggalkan origami berbentuk burung dengan notes berisikan tulisan terima kasih untuk petugas stadion. Euforia suporter dan pemain timnas Jepang kemudian sampai ke jejaring sosial, sehingga Jepang mendapat berbagai pujian dari warganet.

Kepada dunia, timnas Jepang dan suporter Samurai Biru memberikan pesan tentang sikap disiplin, termasuk dalam hal kebersihan. Menjaga kebersihan merupakan cara orang Jepang menunjukkan kebanggaan dalam hidup mereka. Arigatou Samurai Biru! (*)

Post a Comment

0 Comments